Cara Mengatasi Laptop Windows 10 sering Hang/Lag/Freezee

Hal ini sering kali luput dari pengawasan kita. Software aplikasi yang tidak up to date juga dapat membuat kinerja laptop menurun, sehingga membuat laptop jadi lemot. Salah satu cara mengatasi laptop lemot adalah mengecek apakah software yang Anda pakai versi terbaru atau tidak. Terutama software browser, yang lumayan cepat update versi terbarunya. Defragmenting atau defragging hard disk drive (HDD) termasuk salah satu cara mengatasi laptop yang lemot. Cara melakukan defrag hard disk: klik Start atau tombol Windows, pilih Control Panel, lalu System and Security. Lalu pada bagian Administrative Tools ada tulisan Defragment your Hard Drive, klik dan tunggu. Ini yang jarang orang sadari, ada beberapa laptop yang memiliki memori kecil. Jika memori tersebut sudah penuh, maka laptop akan lemot. Untuk mengatasi masalah tersebut, Anda bisa menyimpan file kerjaan di Cloud Storage, seperti Google Drive, iCloud, OneDrive, Dropbox, hingga Amazon Drive. Menariknya, selain berfungsi sebagai tem pat penyimpanan file, Cloud Storage juga bisa digunakan untuk berbagi file dengan orang lain dengan lebih praktis. Beberapa perangkat keras yang memengaruhi kinerja laptop adalah RAM dan HDD. Laptop standar biasanya menggunakan RAM 2-4 GB, agar laptop tidak lemot Anda bisa meng-upgrade RAM menjadi 8-32 GB. Nah, biar makin ngebut, Anda juga bisa mengganti HDD menjadi SSD. Perangkat keras satu ini membantu proses booting lebih cepat dan minim mengalami kerusakan.

Setelah mati, hidupkan kembali dan masuk ke bios. Cara masuk bios pada masing-masing laptop bisa berbeda. Kamu bisa menekan tombol F8, F12, atau F2 sesuai dengan jenis laptopmu. Setelah masuk ke bios, pilih opsi Advanced BIOS Features. Cari menu yang berkaitan dengan BIOS cache, setelah itu pilih disable. Jika sudah, klik simpan dan enter. Selanjutnya nyalakan kembali laptopmu seperti biasa. Cara di atas juga sangat efektif sebagai cara mengatasi laptop hang layar hitam. Karena saat laptop dalam keadaan tersebut, kamu b isa dengan mudah melakukan restart dan masuk ke bios. Cara mengatasi laptop hang tidak bergerak saat baru dinyalakan juga bisa kamu lakukan langsung dari sistem. Penyebab hang saat dinyalakan ini juga bisa dikarenakan beberapa faktor. Pertama, lakukan scan registry menggunakan CCleaner atau cleaner lain. Hal ini dilakukan karena dimungkinkan ada file yang hilang atau corrupt dari laptopmu. Jika cara di atas masih belum mengatasi masalah, coba bersihkan RAM pada laptop karena kemungkinan RAM terlalu berat atau kotor. Jika masih belum bisa, hang saat baru dinyalakan ini disebabkan oleh kerusakan pada motherboard. Satu-satunya cara memperbaiki ini adalah dengan mengecek masalah apa yang ada pada hardware. Jika masalah terakhir terkonfirmasi, maka kemungkinan besar kamu harus ganti motherboard. Hal ini juga berpotensi menyebabkan kerusakan di sektor lain. Jadi pastikan kamu sangat berhati-hati dalam menanganinya. Hang dengan pesan error not responding biasanya merupakan hang ringan dan masalahnya kemungkinan ada pada software. Selanjutnya, kamu akan masuk ke Task Manager. Cari aplikasi yang hang dan akhiri proses aplikasi tersebut dengan menekan tombol End Task. Dengan cara ini, harusnya laptop akan berjalan normal kembali.

Ikuti langkah dari cara mengatasi laptop lemot lewat profil daya. Buka Control Panel, pilih Hardware and Sound, lalu Power Options. Windows 10 terbaru hadir dengan banyak grafik, termasuk animasi seperti efek memudar dan flyout. Fitur ini justru juga menjadi penyebab laptop lemot. Untungnya, mudah untuk menyesuaikan pengaturan ini dan menghemat sedikit daya pemrosesan. Buka Control Panel, buka System & Security lalu pilih System, pilih Advanced System Setting. Kemudian, di bagian Performance tekan Settings dan akan memiliki daftar opsi lengkap. Selain jadi salah satu cara mengatasi laptop lemot, ini juga menjaga kesehatan kartu grafis. Pengguna laptop Windows 10 bisa mendapatkan notifikasi adanya pembaruan software keamanan. Pembaruan kea manan yang tertunda sudah teruji menjadi faktor penyebab laptop lemot. Windows akan secara otomatis memberi pemberitahuan ketika pembaruan tersedia sehingga jangan sampai menundanya. Saat penggunaan laptop lemot, pengguna bisa memeriksa dengan cara berikut. Buka Start, klik Pengaturan atau ikon pengaturan, ke Update & Software lalu klik Update Windows..

Jika laptop kalian memiliki tempat keluar masuknya udara pada bagian bawah, belilah cooler yang menghembuskan udara dingin ke atas, yaitu ke dalam laptop. Kalian juga bisa mendapatkan cooler pasif yang tidak mengonsumsi daya dan hanya menyerap panas. Laptop yang overheat dapat berasal dari processor. Processor laptop akan bekerja extra ketika kalian membuka beberapa aplikasi secara bersamaan. Jadi untuk itu pastikan kalian hanya menjalankan aplikasi yang penting saja ketika menggunakan laptop. Tutup aplikasi yang tidak kalian gunakan, selain meyebabkan panas processor bertambah, terlalu banyak membuka aplikasi dapat membuat kon sumsi listrik bertambah. Kalian dapat mengurangi kecerahan layar atau mengurangi kecepatan CPU clock. Di Windows, underclocking atau undervolting dilakukan di BIOS tetapi juga dapat dikontrol melalui software. Mungkin panas pada laptop diakibatkan karena laptop menyala terlalu lama tanpa henti. Untuk itu, coba shutdown dan dinginkan sejenak supaya suhu laptop kalian kembali normal. Setelah normal kalian bisa menghidupkannya kembali. Jadi itulah beberapa cara mengatasi laptop overheat. Meskipun kalian memiliki perangkat yang tidak menunjukkan bukti overheat, sebaiknya bersihkan ventilasi dan kipasnya untuk mencegah penumpukan debu secara teratur. Dan jika kalian ingin ekstra hati-hati, selalu letakkan laptop kalian di atas permukaan yang kokoh dan rata. Selain beberapa cara diatas, kalian bisa langsung menanyakan pada jasa service komputer. Tanyakan langsung pada ahlinya. Biasanya kalian akan mendapatkan beberapa penjelasan terkait dengan masalah laptop kalian. Sekian artikel 5 Cara Mengatasi Laptop Overheat. Nantikan artikel menarik lainnya dan jangan lupa share artikel ini ke teman-teman kalian.