15 Cara Mengatasi Laptop Lemot Mudah dan Lancar Kembali

Semakin lama digunakan, performa laptop akan semakin menurun. Proses loading jadi melambat, atau membuka aplikasi tidak secepat dulu. Bila itu terjadi berarti kinerja laptop Anda sudah mulai lemot atau melambat. Jangan buru-buru untuk mengganti dengan laptop baru, karena ada beberapa cara mengatasi laptop lemot yang bisa Anda coba. Selayaknya produk elektronik lain, laptop juga bisa mengalami penurunan performa , dan ini merupakan hal yang wajar, walaupun spesifikasinya tinggi. Terlebih jika settingan pada laptop kurang maksimal. Hal ini merujuk pada beberapa laptop gaming terbaru saat ini yang sudah mulai banyak diberi pembekalan software performance management. Cara agar laptop tidak ngelag dapat Anda lakukan sendiri. Anda juga bisa meminta bantuan teman atau anggota keluarga yang mengerti tentang komputer. Nah, berikut cara mengatasi laptop lemot. Terdapat beberapa hal yang menyebabkan performa laptop menjadi lemot, dan umumnya, masalah-masalah berikut yang menjadi penyebab uta manya. 2. Umur harddisk sudah terlalu lama, dimana proses read and write berjalan lebih lama dari biasanya.

Apalagi juga harus menjaga kestabilan gambar agar tidak berguncang saat bergerak, perpindahan fokus yang tepat dan cepat, yang semuanya diatur oleh ISP. Sementara kebutuhan fotografi lain yang standar cukup menggunakan ISP yang lebih hemat daya. ISP pada Exynos 9810 menjanjikan stabilisasi gambar tingkat lanjut sekaligus real time out of focus (bokeh effect atau fokus pada objek dan blur pada bagian latar) untuk foto dan video resolusi tinggi hingga 4K video. Kita sudah melihat efek bokeh di dual kamera Samsung pada Galaxy Note 8, dimana bagian blur latarnya bisa real-time terlihat, dan level-nya bisa diatur secara real-time pula. Tetapi efek blur pada video ini yang belum kita lihat, apalagi dalam resolusi tinggi 4K. Selain fotografi dengan efek bokeh terlihat lebih profesional, video dengan efek bokeh juga demikian, yang sampai sekarang baru bisa dilakukan di kamera pr ofesional hasil dari penggunaan lensa bukaan lebar. Demikian juga dengan stabilisasi video, biasanya hanya berlaku untuk video dengan resolusi standar dan frame rate standar (30 fps), karena digital prosesing-nya berat untuk dilakukan pada resolusi tinggi dan frame rate tinggi.

Terlalu banyak membuka tab pada browser. Terlalu banyak membuka tab saat internetan juga dapat menyebabkan laptop terasa lemot bahkan lag. Mungkin untuk laptop dengan kapasitas RAM 4-8GB tidak begitu masalah, namun untuk laptop dengan kapasitas RAM kecil (terbatas) pasti bermasalah. Virus atau malware yang menyerang laptop. Selain karena faktor sumber daya laptop yang terbatas, virus atau malware yang menyerang juga dapat menyebabkan laptop terasa lemot, lag, bahkan merusak. Anda perlu waspada terhadap file yang di unduh secara online (utamanya dari sumber yang tidak terpercaya). Terlalu banyak menginstall program. Penyimpanan laptop (hard disk ataupun SSD) juga membutuhkan ruang agar sistem dan program dapat berjalan optimal. Untuk itu, jangan terlalu banyak menginstall program yang sebenarnya tidak Anda butuh kan. Anda perlu menyesuaikan dengan kapasitas penyimpanan yang Anda miliki. Menginstall program yang berat. Sebenarnya menginstall program yang berat tidak masalah asalkan spesifikasi laptop mampu untuk menjalankannya, namun jika tidak mampu dan Anda paksakan untuk di install, maka tentu saja laptop akan lemot saat menjalankannya.

Sebagai alternatif, kamu bisa memakai keyboard ekstenal untuk mengganti keyboard laptop yang error mengetik sendiri. Harga keyboard eksternal sendiri jauh lebih terjangkau ketimbang mengganti spare part keyboard laptop. Untuk menggunakan keyboard external, maka kamu perlu menonaktifkan keyboard bawaan laptop terlebih dahulu agar tidak menekan sendiri dan keyboard eksternal dapat digunakan dengan nyaman. Buka Device Manager melalui pencarian. Lalu klik 2x pada Keyboard atau melalui panah kesamping. Kemudian klik kanan pada keyboard laptop yai tu Standard PS/2 Keyboard kemudian pilih Uninstall device. Jika sudah, silakan restart laptop kamu, lalu sambungkan keyboard eksternal melalui port USB. Standard PS/2 Keyboard, klik Update driver. Let me pick form a list driver on my computer. Hilangkan centang Show compatible hardware. Disini kamu perlu memilih driver yang tidak cocok agar keyboard kamu tidak berfungsi, misalnya: Kamu menggunakan Acer, maka bisa memilih: ALPS Japanese. Lalu konfirmasi instal dengan memilih Yes. Setelah itu, silakan restart laptop. Seperti perangkat elektronik lainnya, komponen laptop seperti keyboard dapat rusak dalam kondisi yang tak terduga. Untuk meminimalisir kemungkinan kerusakan keyboard, maka diperlukan perawatan yang tepat. Simpan laptop di tempat yang terhindar dari debu dan serangga seperti semut. Bersihkan keyboard laptop secara rutin, setidaknya sebulan sekali atau ketika keyboard sudah terlihat kotor. Hindari terkena cairan, seperti minum dan makan didekat laptop. Nah, itulah ulasan me ngenai penyebab dan cara mengatasi keyboard laptop mengetik sendiri Windows 7, 8 dan 10. Kamu bisa mencoba langkah di atas satu-persatu apabila keyboard laptop kamu bermasalah. Sekian artikel ini, semoga bisa membantu.

Ketika aplikasi melakukan proses simpan dan hapus,menambah /mengurangi ukuran data ke storage (HDD/SSD) akan menyebabkan file ter fragmentasi,file yang terfragmentasi akan mengurangi kecepatan ketika data diakses. Defragment hanya dilakukan jika storage yang kamu pakai adalah HDD (bukan SSD),SSD tidak perlu di defrag.lakukan cleanup dan defragment minimal seminggu sekali agar laptop/komputer tidak lemot. SSD atau bukan SSD tetap perlu dilakukan Cleanup, karena aplikasi tetap meninggalkan file residu yang tidak diperlukan sistem setelah bekerja. 5. tuggu sampai proses cleanup selesai. 4. tunggu hingga proses selesai,mungkin agak lama jika tidak pernah dilakaukan dalam waktu yang lama. Kamu bisa menggunakan aplikasi tambahan pihak ketiga utuk melakukan defrag dan cleanup, kamu bisa menggunakan Ccleaner atau Ultra defrag sebagai program utility. Uninstall aplikasi yang tidak diperlukan,karena aplikasi ayng terinstal akan mengkonsumsi resource komputer yang kita miliki. Terkadang aplikasi yang kita install akan menambahkan dirinya ke startup item,tujuan nya jelas agar ketika komputer hidup,aplikasi berjalan secara otomatis. RAM yang kita miliki dan menyebabkan laptop/komputer kita menjadi lemot. 3. nanti akan muncul jendela penghapusan aplikasi (uninstall wizard) kamu tinggal baca kalo ada pilihan pilih yang remove/uninstall ,tinggal pencet next aja.